by

Pencairan Insentif Nakes Bengkulu Tunggu Perubahan Pergub

Bengkulu||Brigade88.com – Insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) yang menangani kasus Covid-19 di Provinsi Bengkulu, belum dicairkan.

Belum cairnya karena terkendala perubahan Peraturan Gubernur (Pergub).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyatakan, pembayaran insentif nakes menggunakan dana APBN tersebut, masih perlu perubahan dalam penjabaran, terkait adanya transfer dana pusat ke APBD Provinsi Bengkulu, melalui Pergub. Apalagi dalam proses pencairannya juga, harus dilakukan beberapa tahap oleh Biro Keuangan Sekda Provinsi Bengkulu.

“Setelah proses tahapan tersebut selesai, kita pastikan insentif nakes dari total dana yang telah masuk ke kas daerah Provinsi Bengkulu sebesar Rp. 1,4 milyar, tahap awal dibayarkan dulu sebesar Rp. 800 juta dulu, akan segera dicairkan kepada nakes setempat. Begitu juga untuk pencairan insentif bagi nakes yang bekerja di fasilitas kesehatan di 8 kabupaten dan 1 kota di Provinsi Bengkulu, dibayarkan melalui pemerintah daerah masing-masing,” ujarnya pada Rabu, (19/8/2020).

Herwan menjelaskan, sembari aturan pencairan insentif nakes selesai secara administrasi, pihaknya telah melakukan verifikasi terhadap usulan jumlah tenaga kesehatan yang menerima insentif penanganan Covid-19 dari rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

“Insya Allah dalam waktu dekat, insentif nakes tahap pertama segera cair,” katanya.

Sementara itu, untuk insentif bagi tenaga laboratorium yang melakukan pemeriksaan sampel swab dan melakukan tes cepat rapid test, Herwan menambahkan, Pemprov juga menyediakan dan akan membayarkan melalui APBD Provinsi Bengkulu, melalui pos anggaran Balanja Tidak Terduga (BTT).

“Untuk proses pencairannya, telah kita usulkan, dan diharapkan juga bisa segera cair,” tutupnya…(**Yks)