by

Libur Panjang: Kasus Positif Covid 19 Bengkulu Bertambah 32 Kasus

Bengkulu||Brigade88.com – Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu, terus mengalami penambahan. Bahkan di masa libur panjang cuti bersama ini, terjadi penambahan kasus positif baru dalam jumlah yang tidak sedikit.

Berdasarkan rilis data pada Jumat, (30/10/2020), penambahan kasus positif baru sebanyak 32 kasus, dari 162 sampel swab yang keluar.

Penambahan tersebut, dari Kota Bengkulu sebanyak 3 Kasus, Kabupaten Bengkulu Utara sebanyak 4 Kasus, Kabupaten Bengkulu Selatan sebanyak 2 Kasus, Kabupaten Kepahiang sebanyak 5 Kasus, Kabupaten Kaur sebanyak 9 Kasus, dan Kabupaten Mukomuko sebanyak 9 Kasus.

“Dengan penambahan tersbeut, total jumlah kasus positif di Provinsi Bengkulu menjadi 1.081 kasus, atau 10,67 persen dari 10.124 spesimen yang diperiksa,” ungkap Plh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Azhar, dalam keterangannya, seperti dilansir dilaman rri.co.id.

Menurutnya, dari 32 kasus positif baru dengan 2 diantaranya berstatus anak-anak dan 2 lagi remaja ini, merupakan kontak erat kasus sebelumnya dan ada juga yang belum diketahui riwayat kontaknya, bergejala dan juga tidak ada keluhan, sehingga mayoritas hanya melakukan isolasi mandiri.

“Dengan terus terjadi penambahan kasus positif ini, kita mengingatkan agar masyarakat dapat selalu mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Terutama bagi yang sudah tua dan lansia, agar tidak keluar rumah, meski saat ini sedang liburan cuti bersama. Mengingat lansia berlibur, sangat rentan terpapar. Apalagi biasanya lansia juga ada penyakit penyerta,” imbuhnya.

Selain itu ia juga mengingatkan, pengelola wisata juga agar meningkatkan disiplin protokol kesehatan untuk mengantisipisasi kunjungan yang membludak selama libur panjang, serta  di minta tegas kepada pengunjung yang melakukan pelanggaran.

“Hal yang perlu diperhatikan, memakai masker dan jaga jarak. Lalu jika bisa jangan terlalu banyak memegang di lokasi objek wisata, serta selalu mencuci tangan habis memegang sesuatu,” katanya.

Sementara untuk kasus sembuh, dia menjelaskan, ada penambahan sebanyak 10 orang yang rinciannya, dari Kota Bengkulu sebanyak 5 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 1 orang, Kabupaten Rejang Lebong 2 orang dan Kabupaten Seluma 2 orang.

Dengan bertambahnya 10 kasus sembuh ini, total jumlahnya menjadi 755 orang, atau 69,84 persen dari kasus konfirmasi.

“Untuk kasus meninggal tidak ada penambahan dan jumlahnya saat ini tercatat sebanyak 48 orang, atau 4,44 persen dari kasus konfirmasi. Sedangkan kasus suspek, ada penambahan 4 orang, dan total jumlahnya menjadi 3.107 orang,” tutupnya..(**rike)