by

Kasus Covid 19 di Bengkulu Masih di atas Nasional

Bengkulu||Brigade88.com – Perkembangan kasus Covid 19 di Provinsi Bengkulu belum terkendali, Pasalnya setiap hari masih saja ada penambahan kasus konfirmasi positif Covid 19, masih saja terjadi.

Dari data terbaru pada Sabtu, (2/1/2021), kasus positif baru masih bertambah sebanyak 19 kasus, sehingga untuk total jumlahnya di Provinsi Bengkulu sampai saat ini menjadi 3.688 kasus, atau 19,94 persen dari total 18.393 spesimen yang diperiksa.

Sedangkan kasus meninggal saat ini tercatat sebanyak 116 orang atau 3,16 persen dari total kasus konfirmasi. Sementara yang sembuh totalnya sebanyak 2.663 orang atau 72,20 persen dari total kasus konfirmasi.

Hanya saja dari  data terbaru hari ini, ada penambahan dinyatakan sembuh sebanyak 70 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu Herwan Antoni menyebutkan, jika dibandingkan dengan perkembangan nasional, positif rate Provinsi Bengkulu masih berada di atas nasional yakni, 15,07 persen.

Begitu juga dengan angka kematian, juga diatas nasional yang di angka 3,0 persen. Sementara angka sembuh Bengkulu masih berada di bawah nasional yaitu, 82,1 persen.

Untuk upaya percepatan penanganan kasus Covid 19 Provinsi Bengkulu sudah menetapkan beberapa langkah, yaitu penyediaan rumah sakit darurat, memperbanyak fasilitas lab PCR, pihak rumah sakit agar memodivikasi dan menambah ruang rawat inap baru, serta penerapan disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat,” jelas Herwan.

Langkah lain menurutnya, dalam pemberian izin keramaian menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah setempat dan menerbitkan Peraturan Daerah (Perda) untuk penegakan disiplin prokes.

“Untuk pemulasaran dan pemakaman jenazah, untuk pasien yang meninggal di RSUD M Yunus dengan di makamkan di TPU Air Sebakul menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Hanya saja ingin dimakamkan di tempat lain menjadi tanggung jawab pihak keluarga,” terangnya.

Lebih lanjut ditambahkan, setiap Pemda agar menyediakan anggaran dana yang  cukup untuk penanganan Covid 19 dengan pendampingan dari aparat hukum.

Lalu melakukan sosialisasi di media massa, melakukan survey cepat kesiapan kehidupan baru pada 6 tatanan. Kemudian upaya penguatan desa/ kelurahan siaga Covid 19, dan membagikan masker.

“Mudah-mudahan wabah ini segera berlalu dari Bengkulu dan kehidupan masyarakat bisa kembali normal seperti biasanya. Apalagi dikabarkan untuk vaksinnya juga akan segera didistribusikan Pemerintah ke setiap daerah, termasuk ke Bengkulu,” tutupnya..(yks)