by

Jubir Satgas Covid-19: Tidak Ada Penundaan Pilkada

Jakarta||Brigade88.com – Pandemi Covid-19 masih membayangi  Indonesia, apalagi sesaat lagi Ibu Kota DKI Jakarta akan memberlakukan kembali Pembatasan Sosiala Berskala Besar (PSBB) karena darurat. Namun, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, tahpan Pilkada Serentak 2020 tidak akan diberhentikan.

“Tidak ada rencana menunda Pilkada ini, karena kita baru saja mulai. Dan harusnya bisa terkendali dengan baik, dengan kerja sama semua pihak,” ujar Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (10/09/20).

Ia menyebut, ada sejumlah kementerian/lembaga memiliki wewenang dan juga pengawasan dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020. Kementerian/lembaga ini, menurut Wiku akan berkoordinasi secara aktif demi terselenggaranya pilkada di masa pandemi COVID-19.

“Ada Kemendagri yang harus bisa menjaga stabilitas keamanan pilkada. Tentunya kerja sama dengan TNI dan Polri. Ada KPU yang memimpin kegiatan pelaksanaan Pilkada Serentak ini. Ada Bawaslu yang menyusun standar dan pegawasannya, dan ada Pemda yang berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mendukung aspek vital penyelenggaran pilkada,” papar Wiku.

 

Tak lupa Wiku menambahkan, menjaga keamanan dan keselamatan di masa pandemi ini menjadi tanggung jawab bersama. Ia pun meminta masyarakat  berpartisipasi, dan membantu mengendalikan situasi pandemi selama berlangsungnya Pilkada Serentak 2020.

“Jadi, itu adalah hal yang harus kita lakukan bersama. Dan seluruh anggota masyarakat juga harus ikut terlibat betul betul mengendalikan situasi, karena ikut berpartisipasi seluruhnya,” kata dia.

Menurut rencana telah ditetapkan KPU RI, Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Salah satu tahapannya adalah pendaftaran ke KPU daerah setempat yang menjadi sorotan banyak pihak karena menimbulkan kerumunan massa. Sejauh ini, setidaknya ada 60 pasangan bakal calon kepala daerah yang terkofirmasi positif terinfeksi Corona…(**tim88)