by

Jelang Penetapan Calon, 600 Personil Polisi Amankan KPU

Bengkulu||Brigade88.com  – Dua agenda krusial dalam tahapan Pilkada 2020 akan dilaksanakan besok dan lusa (23-24/09), yakni penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut pasangan calon.

Untuk tingkat provinsi atau Pemilihan Gubernur Bengkulu, Polda Bengkulu memastikan menerjunkan 600 personilnya untuk mengamankan tahapan tersebut. Mereka akan bersiaga di sekitar Kantor KPU Provinsi Bengkulu.

Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol Dede Alamsyah kepada RRI mengatakan, enam ratus personil itu sudah disiagakan hari ini (22/9). Apalagi kemarin ada rencana aksi unjuk rasa ke KPU Provinsi Bengkulu dengan massa sekitar 20 ribu orang.

“Yang jelas soal ada informasi batal atau tidak, kita belum sejauh itu. Kita belum dapat kepastian atau pemberitahuan resmi. Yang jelas kita siaga dan mau pastikan semua berjalan sesuai aturan,” kata dia.

Dede menambahkan, pengamanan di KPU dan Bawaslu sendiri sebenarnya sudah berjalan jauh-jauh hari. Tidak hanya di saat ada rencana aksi unjuk rasa. “Setiap hari ada personil yang stand by. Ada sekitar 21 orang yang ditugaskan,” ujarnya.

Menurut Dede, dengan adanya rencana unjuk rasa hari ini, jumlah personil yang dilibatkan mencapai seribu orang. Mereka adalah gabungan Polri, TNI dan Satpol PP.

“Jadi ada personil pengendali massa, PHH, dan lainnya. Termasuk CCTV,” jelas Dede terkait fasilitas pengamanan yang disiapkan dalam mengawal proses Pilkada di Bengkulu.

Unjuk Rasa Batal

Sementara itu, aksi unjuk rasa yang direncanakan mulai pukul 10.00 WIB, ternyata batal. Pengunjuk rasa yang menamakan dirinya Konsorsium OKP membatalkan rencana aksi dengan alasan mengindahkan protokol kesehatan.

Terkait pembatalan aksi demo itu, Dede mengatakan pihaknya memang sejak awal sudah menyarankan. Sebab, aksi unjuk rasa melibatkan orang banyak itu dikhawatirkan membuat kerumunan massa dan berpotensi melanggar protokol Covid-19.

“Memang sesuai pemberitahuan, (aksi demo) dibatalkan. Kita juga tidak melihat ada pergerakan di lapangan. Yang jelas, besok ada agenda penetapan calon dan kita tetap melaksanakan pengamanan seperti hari ini,” ujar Dede…(**rike/rri)