by

Ilus: Kegiatan Ini Sebagai Pemersatu Masyarakat

 

Kepahiang||Brigade88.com – Ketua Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) Bengkulu melaunching Canthelan di Kelurhan Dusun Pensiunan, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, pada Sabtu (24/10).

Canthelan ini salah satu Kegiatan Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) untuk melatih semangat berbagi dan kedisiplinan masyarakat. Canthelan ini kata lainnya gantungan, jadi setiap orang yang ingin berbagi bisa menggantungkan barang apapun guna berbagi kepada yang membutuhkan. Bagi semua orang yang ingin mengambil barang di Canthelan ini diizinkan dengan catatan hanya satu bungkus perorang.


Dr H Rohidin Mersyah juga memberikan motivasinya untuk masyarakat Dusun Kepahiang agar semangat menggapai segala impian terlebih pada dunia pendidikan. Penilaian kesempatan sangat terbuka untuk anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah ke tingkat selanjutnya termasuk ke Universitas Gajah Mada, tidak perlu khawatir dengan kondisi sosial dan ekonomi karena setiap ada kemauan pasti ada jalan.

“UGM ini merupakan Universitas tertua dan terbesar serta kualitasnya terbaik. Alumni juga terkenal dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote. Melalui ini juga kami ingin menanamkan semangat untuk kuliah, jangan berkecil hati dengan kondisi asal anaknya rajin disiplin, rajin dan punya kemauan pasti ada jalan,” papar ketua Kagama ini.

Rohidin meceritakan semasa sulitnya saat sekolah terbayang tidak oleh Ibu-ibu Ia bukan anak yang berada, ibu dan bapaknya orang biasa buta huruf, tinggal di Desa. Namun dengan semangat dan kemauan Ia bisa berkuliah di UGM dengan predikat lulusan terbaik, tidak hanya itu Ibu-ibu bisa melihat alumni rekan-rekan yang hadir sekarang mereka dari Desa juga tapi mereka bisa kuliah di UGM

“Untuk Canthelan ini lebih dikenal dengan gantungan kalau menurut bahasa kita, jadi filosofinya ini melatih keikhlasan dan semangat berbagi, yang mau berbagi dapat menggantungkan apapun di Canthelan ini, di sisi berbeda yang mengambil boleh siapa saja dengan catatan hanya satu untuk melatih kedisiplinan,” tuturnya.

Ilus tokoh masyarakat Kelurahan Pensiunan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi KAGAMA tersebut menurutnya Kegiatan Canthelan ini sangat membantu masyarakat, untuk mempertahankan kegiatan Canthelan ini dirinya akan merencanakan mengisi Chantelan dengan hasil perikanan mengingat Pasar Bawah didominasi wilayah pesisir.

“Saya mewakili masyarakat sangat berterimakasih dengan kegiatan ini, sangat terbantu dan kegiatan ini sangat positif sekali. Semoga kedepan kegiatan ini dapat dipertahankan. Kedepan kami juga akan menghidupkan Canthelan setiap mingguya akan kami isi, supaya kegiatan ini tidak hanya sebatas seremoni saja,” ujarnya.

Selain Ketua Pengurus Daerah Kagama Bengkulu, tampak hadir dalam kegiatan ini H Bando Amin C Kader, H Azairin, Ketua Pengurus Cabang Kagama Kepahiang, Pengurus Kagama dari berbagai Kabupaten / Kota, warga setempat dan Ibu-ibu sekitar Kelurahan Pensiunan.(Rike)