by

Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kab. Rejang Lebong, Siap Menangkan R2 Di Pilgub

Rejang Lebong||Brigade88.com – Calon Gubernur Nomor Urut 2 Rohidin Mersyah Bersilahturahmi bersama Niniak Mamak, Cerdik Pandai, Bundo Kandung, Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Rejang Lebong, acara diadakan di Talang Rimbo Lama, Curup Tengah, Rabu (28/10).


Sesepuh Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kabupaten Rejang Lebong, Oyong Judin mengatakan bahwa Rohidin Mersyah ini sangat mempunyai kedekatan dan sudah menjadi bagian dari keluarga Minang. Dikarenakan hal itu bukanlah klaiman saja tetapi benar-benar Rohidin adalah gubernur yang beristrikan orang minang asli, IKM mendukung bukan hanya adat namun karena secara silsilah.

“Bukan mendadak Minang atau direkayasa, secara silsilah memang keterikatan itu ada, hal itu di buktikan dari keluarga istrinya. Jauh sebelum Rohidin menjadi Wakil bupati maupun jadi gubernur,” jelas Ketua IKM Rejang Lebong.

Oyong juga mengatakan bahwa IKM ini, merupakan perkumpulan masyarakat Bengkulu yang miliki garis keturunan dan keterikatan dari Suku Minang (Minangkabau). Ia menjelaskan IKM bukanlah organisasi politik, dan anggotanya berhak menentukan sikap politiknya secara pribadi.

Sambung Oyong IKM ini memiliku banyak sayap/ jurai- jurai organisasi atau anak organisasi dari beberapa kabupaten se-Sumatra Barat.

“Jadi kalau ada yang mendadak datang menjalin silaturahmi, kemudian mengklaim dukungan untuk siapapun, itu biasa saja. Karena jumlah orang Minang di Bengkulu memang banyak. Kalau kedekatan kami dengan Pak Rohidin memang sudah sejak lama, dan sebagai Gubernur tentu menjadi pembina seluruh organisasi, dia milik semuanya,” kata Oyong.

Oyong juga tidak menampik bahwa dukungan masyarakat asal Minang untuk Cagub Bengkulu nomer urut 2 Rohidin-Rosjonsyah memang ada. Tapi, itu secara pribadi. Bukan atas nama organisasi IKM. Hal itu lantaran kedekatan emosional dan juga kebanggaan atas kinerja yang di tunjukan Gubernur Rohidin.

“Kalau etika berbicara memang selalu begitu, tidak berubah. Apapun selalu meminta saran dan nasihat, hal seperti ini menjadi nilai bahwa sebagai sesepuh dihargai. Saya rasa bukan kepada kami saja, dengan sesepuh Jawa, sesepuh Rejang, seperti itu. Berapa kali kim, berapa kali wayang kulit dan seni budaya lain, ia fasilitasi,” jelas Oyong saat menyampaiakan kata sambutan.

KADP adalah Kesatuan Anak Dagang Pariaman yang ada di Bengkulu. Ketua KADP Rejang Lebong, Zamzami mengungkapkan, populasi masyarakat Bengkulu asal Minang di Rejang Lebong mencapai 35 ribu keluarga. Dengan wadah organisasi, masyarakat Minang di Rejang Lebong telah bermufakat menentukan pilihan kepada nomer 2 Rohidin-Rosjonsyah.

“Kalau dikalikan 3 saja, jumlah suara urang awak ni luar biasa. Kami tersebar hingga Bengko, Padang Ulak Tanding dan seluruh Rejang Lebong kami siap back up total untuk Rohidin-Rosjonsyah,” tegas Sidi Zamzami.

Menanggapi hal itu, Rohidin semakin optimistis bahwa Rejang Lebong menjadi salah satu Daerah lumbung suara pemenangan Rohidin-Rosjonsyah. Pembangunan di Rejang Lebong juga telah diupayakan merata.

“Jalan yang sudah 20 atau 30 tahun tidak dibangun, kini tuntas. Memang masih ada beberapa potong jalan yang rusak. Kita yakin periode selanjutnya akan kita kerjakan,” demikian Rohidin Mersyah optimistis. (**Rike)